Selamat datang di Blog SMKN 1 Pabelan SMK Siap kerja dan berprestasi

Minggu, 03 Februari 2013

Tips Pengguanaan dan Perawatan Laptop





Saat ini hampir semua kalangan telah menggunakan Laptop untuk menjalankan aktivitasnya, seperti mengajar, surfing di Internet atau sekedar mengetik tugas. Laptop memiliki beberapa keunggulan. Diantaranya, prakis yang bisa di bawa kemana saja dan bisa bekerja dengan baterai selama tiga  jam atau lebih. Memang tidak praktis dan efisien kalau kita harus selalu nyolokin kabel Laptop , dan  colokan  listriknya pun  juga sangat terbatas, jadi anda juga harus bawa kabel Round agar bisa berbagi, repot banget kan??
Dari berbagai hasil surfing dan bertanya dapat BomberCakil.blogspot.com kumpulkan beberapa tips perawatan Laptop agar awet dan tahan lama saat menggunakan baterai.

 Lakukan Defrag secara teratur
Semakin cepat kinerja hard drive anda semakin hemat baterai anda oleh karena itu buat hard drive anda seefisien mungkin dengan melakukan defrag secara teratur. Cara melakukan defrag Klik Star,  All Program , lalu Accessoris, pilih Sistem Toll dan klik Disk Defragmenter. Lalu lakukan defrag dengan masing – masing partisi pada Laptop anda. Lakukan disk defragment secara rutin. Jika hal ini belum pernah dilakukan maka hal ini akan memakan cukup waktu lain jika di bandingkan yang rutin.

Kurangi cahaya monitor anda
Untuk menghemat beterai anda, kurangi cahaya monitor Laptop sampai batas toleransi yang sesuai denagan mata anda. Hal ini dapat anda lakukan melalui keyboard seperti Laptop Acer dengan menekan Key dan Fn secara bersamaan. Semakin sedikit pencahayaan semakin panjang masa penggunaan baterainya.

Hindari menyambung kabel terus menerus
Kebiasaan menyolokkan kabel secara terus menerus ketika baterai telah penuh adalah awal kerusakan baterai. Jika baterai sudah penuh maka lepaskan kabel pengecasan. Maka selalu awasi kode lampu yang menunjukkan baterai penuh, segera lepas kabelnya. Sehingga laptop bekerja dengan baterai. Selain itu anda juga kehilangan dapat melepaskan baterai dan hanya menggunakan listrik saja, ini beresiko data jika listrik mendadak mati.

 Matikan program yang tidak perlu
Jika anda tidak menggunakan program tersebut sebaiknya anda matikan, misalnya : Itunes, Dekstop Search, dan lainnya. Program – program ini menambah beban CPU dan Baterai. Matikan semua program yang tidak penting jika anda sedang menggunakan laptop dengan baterai. Yah kira – kira sesuai motto PLN, yang penting matikan disaat penting. Ehh.. salah yang penting matikan yang tidak penting.

Tips Pengguanaan dan Perawatan Laptop


1 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Komentar di kolom yang tersedia dengan :

1. Menggunakan bahasa yang sopan
2. Jangan sampai menyinggung perasaan orang lain

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More